Wednesday, June 22, 2016

Mengapa Hantu Tidak Bisa Menyentuh Tanah?


Fisika adalah ilmu yang membahas tentang fenomena-fenomena yang terjadi di alam semesta, mulai dari hal yang kecil seperti atom dan bagian-bagiannya yang memiliki ukuran sangat kecil, sampai ukuran yang sangat besar yaitu planet-planet beserta bintang-bintang yang ada di alam semesta. Banyak hukum, prinsip, dan teori fisika yang bisa mengungkap kejadian-kejadian yang ada di sekitar kita. Seperti halnya ketika kita berjalan di lantai yang licin,
mengemudi sepeda motor dengan kecepatan tinggi lalu tiba-tiba ada orang menyebarang, maka secara mendadak kita akan mengerem dan tubuh akan terdorong ke depan. Ketika kita  menggosok-gosokkan sisir ke rambut dan setelah itu sisir tersebut didekatkan ke sobekan kertas, maka sebagian dari sobekan kertas tersebut akan tertarik oleh sisir. Hal ini berkaitan dengan hukum coulomb, mengenai susunan dan sifat muatan yang ada pada sisir dan sobekan kertas.
Sering kali kita mendengar cerita-cerita tentang hantu, setan, jin dan makhluk halus lainnya, walaupun sebenarnya kita sendiri tidak pernah melihat dan bertatap muka dengannya. Salah satu cerita tentang hantu yang sering didengar adalah pada saat hantu menampakkan diri sebagai wujud manusia laki-laki atau perempuan. Kaki hantu tersebut tidak pernah menyentuh tanah, entah kakinya tidak kelihatan atau kakinya tampak melayang di atas tanah. Secara reliji dijelaskan bahwa hal tersebut bisa terjadi karena hantu atau setan sudah mendapatkan kutukan dari Sang pencipta dan dilaknat sampai hari kiamat kelak dan setan diusir dari segala tempat yang ada di alam semesta ini. Sesuai dengan perjanjian hantu atau setan dengan Tuhannya yang menyerukan akan mengganggu dan menggoda manusia agar terjerumus ke dalam lembah kemaksiatan sampai akhir zaman, sehingga setan atau hantu diizinkan ke bumi akan tetapi tidak bisa menyentuh tanah yang ada di bumi. Hal inilah yang menyebabkan kenapa hantu dan setan tidak menyentuh bumi disaat menampakkan diri.
Selain reliji yang berkaitan dengan keyakinan, fisika juga bisa menjelaskan tentang fenomena tersebut. sebelum membahas hal ini, setidaknya mengerti sedikit tentang hukum coulomb. Berbicara tentang hukum coulomb maka berbicara tentang muatan, di dalam hukum coulomb  menyatakan bahwa “besarnya gaya tarik menarik atau tolak-menolak antara dua benda bermuatan listrik berbanding lurus dengan muatan masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda tersebut“. berkenaan dengan gaya tarik-menarik dan tolak-menolak maka berkaitan langsung dengan sifat kedua muatan atau lebih. muatan yang memiliki sifat yang sama atau dapat dikatakan senama akan saling tolak-menolak sedangkan muatan yang tidak senama justru akan tarik-menarik.
Hantu, setan dan sebangsa makhluk halus lainnya memiliki muatan yang bersifat negatif (-), dan bumipun juga bermuatan negatif (-). Pada saat hantu menampakkan dirinya dia tidak akan menyentuh bumi, hal ini sesuai dengan hukum coulomb, jika  kedua muatan yang sama (hantu dan bumi) didekatkan maka akan mengalami gaya tolak-menolak yang besarnya berbanding lurus dengan kedua muatan (bumi dan hantu) dan berbading terbalik dengan kuadrat jarak. Sehingga hantu harus memiliki energi yang sangat besar untuk bisa menyentuh tanah dan energi yang dimiliki harus menghasilkan gaya besar, yang dapat melebihi besar gaya tolak-menolaknya dengan bumi. Energi itulah yang menjadi syarat untuk hantu dan makhluk halus lainnya agar bisa menyentuh tanah disaat mereka menampakkan diri kepada manusia.



Silahkan kunjungi blog kami blogmubarok.blogspot.com untuk mencari beberapa artikel yang menarik, dan bagaimana fisika dan islam menjawab beberapa pertanyaan yang unik dan mengesankan...

No comments:

Post a Comment