Friday, June 19, 2015

Penerapan 5 E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate)



LEARNING THEORY
1.         Engage
Sebelum memberi materi baru, seorang guru berusaha untuk mengaitkan dengan materi yang sudah disampaikan sebelumnya. Sehingga materi yang disampaikan akan terus berhubungan satu dengan yang lainnya. Seperti ketika akan membahas tentang tegangan permukaan, seorang guru akan membuat hubungan atau korelasi dengan materi fluida statis, yang sebelumnya telah disampaikan. Guru akan membawa silet cukur, wadah yang berisi air, lalu guru meletakkan silet cukur tersebut diatas permukaan air secara hati-hati, sehingga silet cukur tersebut terapung diatas air. Maka akan timbul rasa ingin tahu seperti “ apa yang akan kita pelajari hari ini ? “ peserta didik bisa tertarik terhadap apa yang telah dilakukan guru tersebut.
2.      Explore
Dalam proses ini peserta didik diminta untuk menggali informasi tentang tegangan permukaan. Guru menfasilitasi peserta didik dengan beberapa bahan seperti berikut yaitu air, silet cukur, lempeng alumunium tipis, gelembung sabun. Lalu guru juga akan menjelaskan bahwa alat yang telah disediakan bisa diletakkan dipermukaan air secara hati-hati. Dari literatur dan kegiatan tersebut peserta didik akan menggali informasi tentang materi tegangan permukaan. Setelah menemukan hasilnya, peserta didik mencoba mencari tambahan informasi dari berbagai sumber literatur yang ada di sekitar.
3.      Explain
Dari kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik, lalu guru meminta salah satu dari peserta didik untuk menjelaskan atau mempresentasikan tentang apa yang telah dilakukan dan yang didapat dari kegiatan tersebut. Dimana informasi yang didapat tiap-tiap peserta didik kadang bisa berbeda-beda. Setelah itu guru menjelaskan definisi dan konsep secara benar dan jelas tantang tegangan permukaan dan kegiatan yang telah dilakukan dikelas.
4.      Elaborate
Pada proses ini, setelah mendapatkan banyak informasi dari peserta didik yang mempresentasikan kegiatannya dan penjelasan dari guru secara jelas dan benar, maka peserta didik yang lain akan melakukan hal yang sama seperti apa yang telah dipresentasikan oleh teman mereka. Dengan hal ini maka konsep dan definisi dari tegangan permukaan bisa diterima oleh peserta didik dengan baik dan benar.
5.      Evaluate
Dari penjelasan atau presentasi peserta didik dan penjelasan guru yang baik dan jelas, maka peserta didik akan menyimak dengan seksama. Hal tersebut bisa ditunjukkan dengan kegiatan mencatat atau merangkum dibuku catatan masing-masing. Sehingga pada akhirnya, guru akan mengevaluasi pemahaman peserta didik mengenai tegangan permukaan dengan menggunakan pos-test atau ujian.

Silahkan kunjungi blog kami blogmubarok.blogspot.com untuk mencari beberapa artikel yang menarik, dan bagaimana fisika dan islam menjawab beberapa pertanyaan yang unik dan mengesankan...

No comments:

Post a Comment