Monday, August 31, 2015

Mengapa daun yang basah tampak lebih berwarna dan lebih segar??


Hal ini berkaitan dengan pembiasan cahaya yang mengakibatkan penyerapan cahaya lebih benyak pada benda yang basah, Seperti halnya kain basah yang tampak lebih gelap.
Dedaunan, bebatuan dan rerumputan akan tampak lebih berwarna ketika sedang basah, sehingga pemandangan alam akan tampak lebih segar sehabis hujan. Benda-benda yang mempunyai warna akan menyerap panjang gelombang tertentu dari cahaya siang yang multiwarna. Kemudian memantulkan sisanya ke mata kita.
Ketika daun dilapisi selaput air, seberkas cahaya yang mengenai selaput air akan dibelokkan lebih dalam ke dalam permukaan yang secara mikroskopis kasar (peristiwa pembiasan cahaya). Cahaya yang dibiaskan akan terpantul-pantul kedepan dan kebelakang yang menyebabkan semakin besar peluang untuk penyerapan cahaya. sisa cahaya yang dipantulkan dengan sendirinya semakin kehilangan panjang gelombang tertentu, sehingga daun yang basah tersebut memiliki warna yang lebih pekat. Hal ini yang menyebabkan dedaunan, bebatuan, dan rerumputan akan tampak lebih berwarna dan lebis segar ketika sedang basah atau sehabis hujan.


Silahkan kunjungi blog kami blogmubarok.blogspot.com untuk mencari beberapa artikel yang menarik, dan bagaimana fisika dan islam menjawab beberapa pertanyaan yang unik dan mengesankan...

No comments:

Post a Comment