Saturday, January 26, 2019

Apa yang menyebabkan pasang surut air laut?


Banyak orang pesisir mengatakan bahwa pasang surut air laut disebabkan oleh bulan. Padahal mereka pun juga tidak mengerti, kok bisa bulan menjadi penyebab pasang surut air laut? dan mengapa setiap hari ada dua kali pasang surut air laut?
Orang-orang yang mengatakan terjadinya pasang surut air laut disebabkan oleh bulan merupakan salah satu jawaban pintas, karena penjelasan yang sesungguhnya memerlukan jauh lebih banyak dari pada itu. Pasang air laut adalah netto dari beberapa gaya yang dihasilkan gerak bulan, matahari, dan bumi sendiri. Semuanya berinteraksi secara rumit, tetapi harus dipahami betul oleh orang yang ingin  menjadi ahli oseanografi, geologi, geofisika, geografi, dan geodesi.
Bayangkan bumi dan bulan sebagai dua bola, dengan bola bulan yang lebih kecil mengelilingi bola bumi yang lebih besar. Coba hentikan sejenak pergerakan mereka, dimana bulan berada disebelah kanan bumi. Gaya gravitasi bulan akan berusaha menarik pusat bumi kearah pusatnya sendiri yaitu kearah kanan. Akan tetapi disebalah kanan bumi, gaya tarik itu sedikit lebih kuat dari pada gaya tarik pusat ke pusat, karena lautan disebelah kanan lebih dekat ke bulan dari pada ke pusat bumi dan gaya gravitasi lebih kuat pada jarak yang lebih dekat. Gaya tarik yang sedikit lebih kuat ini menyebabkan lautan terangkat sedikit dibanding bagian yang lain, dan membuat lautan menggelembung ke luar, sehingga terjadi pasang tinggi di sisi bumi yang menghadap ke bulan.
Sementara itu pada sisi yang berlawanan dengan bulan (sebelah kiri bagian bumi) lautan sedikit lebih jauh dari  bulan dibanding dari pusat bumi, oleh sebab itu mereka merasakan gaya tarik ke kanan lebih kecil dari pada gaya tarik pusat ke pusat. Gaya tarik pusat ke pusat yang lebih kuat menarik bumi agak menjauh dari laut-laut di sisi kiri, maka laut-laut disitu juga menggelembung dibanding bagian bumi yang lain. Hal itulah yang menyebabkan pasang tinggi (high tide) kedua pada sisi berlawanan dari bulan. Jadi selalu ada dua kali penggelembungan air laut pada sisi bagian bumi, yang mana  sisi tersebut berhadapan dengan bulan dan juga pada sisi yang berlawanan  dengan bulan.
Sekarang biarkan bumi berputar, sewaktu bumi berputar dia akan mengalami gaya-gaya tarik yang menyebabkan dua penggelembungan, tiap lokasi dibumi mengalami dua kali situasi pasang tinggi selama rotasi dua puluh empat jam. Yang menyebabkan dua lokasi mengalami dua kali pasang tinggi dalam sehari. Setelah itu apa yang diakibatkan oleh kedua pasang tinggi tersebut? Jawabanya adalah dua kali pasang rendah (surut / low tide) dibagian bumi yang lain, karena pasang tinggi harus mengambil air laut dari bagian yang lain.
Selisih waktu antara pasang dua kali pasang tinggi tidak selalu tepat dua belas jam. Pada lokasi tertentu di bumi, selisih waktu kadang dua belas jam lebih dua puluh menit. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena penggelembungan disebabkan gaya tarik bulan, dan penggelembungan itu bergerak mengikuti perjalanan bulan mengelilingi bumi. Sewaktu bumi melakukan rotasi penuh kearah timur dalam selang waktu dua puluh empat jam, bulan juga bergerak ke timur. Maka bulan sedikit lebih cepat dilokasi manapun dibumi, oleh sebab itu bumi harus berputar dua puluh menit lagi untuk lokasi yang sama agar dapat mengejar bulan, artinya agar bertemu dengan gelembungan pasang tinggi berikutnya.
Ada suatu hal yang penting untuk diketahui yaitu, pasang surut air laut tidak hanya disebabkan oleh bulan. Masih ada benda lain diluar sana yang juga memiliki gravitasi yang sangat besar. Salah satunya yaitu matahari. Matahari memiliki massa 27 juta kali lebih besar dari pada massa bulan, akan tetapi jaraknyapun juga besar yaitu 397 kali lebih jauh. Dalam kerja gravitasi, jarak mengurangi gaya gravitasi lebih banyak dari pada pertambahan massa. Dalam pembahasan ilmiah, peningkatan gaya gravitasi berbanding lurus dengan massa dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak [ g = G m / r2 ]. Sedangkan dalam perhitungan, pengaruh gravitasi matahari terhadap pasang adalah sekitar 46 % pengaruh gravitasi bulan. 

Silahkan kunjungi blog kami blogmubarok.blogspot.com untuk mencari beberapa artikel yang menarik, dan bagaimana fisika dan islam menjawab beberapa pertanyaan yang unik dan mengesankan...

No comments:

Post a Comment