Saturday, February 4, 2017

Apakah bedug itu bid’ah??



ANALOGI ISLAM


Pertanyaan:
 Apakah bedug itu bid’ah??

Jawab:

TIDAK!!,, sebelum kita membahasnya, saya akan menjelaskan pengertian bid’ah
terlebih dahulu. Pengertian sederhana dari kata “bid’ah” adalah sesuatu yang baru dan tidak adak kaitannya dengan Al-Qur’an dan Hadis.



Dalam masyarakat Indonesia ini perlu kita ketahui bahwasanya, indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan budaya. Sudah tentu berbeda, budaya indonesia dengan budaya timur tengah dan budaya barat, walaupun ada sebagian yang sama. Maka dari itu kita perlu mengatahui mana yang termasuk budaya dan mana yang termasuk agama atau kepercayaan.

Bedug adalah budaya masyarakat Indonesia yang menandakan bahwa masuknya waktu (shalat). Bukan memanggil orang shalat, yang memanggil orang shalat itu adzan bukan bedug. Jadi kita harus cerdas menyikapi hal demikian, jangan asal mengatakan suatu hal yang baru itu bid’ah. Kita harus mengatahui terlebih dahulu asal-muasal atau filosofi dari suatu hal.

Bedug merupakan salah satu cara walisongo memberikan solusi kepada masyarakat untuk memberi tanda bahwa sudah masuk waktu (shalat). Bisa saja kita memberi tanda masuk wantu itu dengan berteriak “DHUHUR-DHUHUR-DUHUR...” akan tetapi hal tersebut kurang etis dan ribet, karena membutuhkan tenaga ekstra pastinya. (karena di zaman walisongo tidak ada mic atau pengeras suara).

Kalo sampek bedug dianggap bid’ah dan tidak boleh berada di masjid, maka jam dindingpun juga demikian berarti, dan segala macam kendaraan yang menggunakan mesin juga bid’ah. Apakah demikian kita menganggap suatu hal?? tidak bukan?? Maka dari itu jangan langsung terpengaruh dari perkataan atau ucapan seseorang yang dengan gampang membid’ahkan perkara. Karena hal tersebut merupakan bagian dari skenario setan yang bertujuan untuk memecahbelahkan umat islam. Dan bagi oktum yang berlaku demikian harap belajar lebih dalam tentang islam, budaya, indonesia dan nesionalisme serta ideologi-ideologi. Terimakasih, semoga bermanfaat....

Silahkan kunjungi blog kami blogmubarok.blogspot.com untuk mencari beberapa artikel yang menarik, dan bagaimana fisika dan islam menjawab beberapa pertanyaan yang unik dan mengesankan...

No comments:

Post a Comment