Sunday, September 13, 2015

Ledakan tanpa bahan peledak


ketika seorang penjinak singa sedang melecutkan cambuknya, cambuk tersebut mengeluarkan ledakan yang sangat keras. Akan tetapi dia tidak memukul sang singa dan juga cambuk tidak sampai menyentuh tanah. Apa yang membuat cambuk itu berbunyi?
Ledakan cambut tersebut sesungguhnya merupakan dentuman sonik mini, yang terjadi karena ujung cambuk membelah udara lebih cepat dari pada kecepatan bunyi.
Ketika sang penjinak singa sedang menyentakkan cambuknya dengan keras, dia mengarahkan sejumlah energi ke ujung cambuk yang dipegangnya. Energi tersebut tidak memiliki arah peyaluran lain selain merambat di sepanjang cambuk dengan gerak seperti gelombang. Dalam bahasa ilmiah energi tersebut dikenal dengan energi kinetik dan merupakan fungsi antara berat atau massa dengan kecepatan. Energi kinetik dengan besar tertentu dapat berasal dari benda berat yang bergerak relatif lambat atau benda ringan yang bergerak relatif cepat. Sebagai contoh, untuk mengimbangi truk yang memiliki massa sebesar sepuluh ton dengan kecepatan 80 km/jam, maka sebuah mobil sedan dengan massa satu ton harus melaju dengan kecepatan 254 km/jam.
Sewaktu energi merambat kebawah sepanjang cambuk, massa yang harus digenjotnya semakin kecil, karene diameter cambuk semakin ke ujung semakin kecil. Permasalahannya, energi harus tetap tinggal di dalam cambuk. Karena tidak memiliki penyaluran lain, karena kekurangan tebal dan berat, maka kecepatan akan meningkat sangat pesat sekali. Ketika cambuk disentakkan dengan kuat, kecepatan diujung cambuk akan dengan mudah melebihi kecepatan bunyi, sehingga menciptakan dentuman sonik kecil.
Apa yang terjadi sewaktu energi itu tiba diujung cambuk?. Apabila kita mengamati cambuk yang sering digunakan , akan tampak bahwa ujung cambuk akan terkoyak-koyak. Bagaimanapun, banyak energi yang langsung lepas ke udara dalam wujud bunyi, sementara sebagian lagi terpantul kearah pangkal cambuk. Pantulan balik di ujung tipis cambuk pun luar biasa cepat. Dan gelombang yang berbalik itu pun ikut menyumbang kebisingan.
Oleh sebab itulah, mengapa cambuk yang tidak memiliki bahan peledak dapat menghasilkan bunyi walaupun ujung cambuk tidak menyentuh benda apapun. Dan proses tersebut dapat membuat ujung cambuk terkoyak-koyak. 

Silahkan kunjungi blog kami blogmubarok.blogspot.com untuk mencari beberapa artikel yang menarik, dan bagaimana fisika dan islam menjawab beberapa pertanyaan yang unik dan mengesankan...

No comments:

Post a Comment