Sunday, August 7, 2016

Bagaimana Penghapus Menghilangkan Goresan Pensil ???


 
Cara kerja penghapus karet tidak sama seperti penghapus papan tulis. Yang menyapu kumparan kapur pada permukaan mulus. Kertas tidak semulus papan tulis dan goresan pensil tidak pada permukaannya, sebagian besar tertanam diantara serat-serat kertas.

Apabila kita memperhatikan goresan pensil dibawah mikroskop, kita akan melihat bahwa goresan tersebut tidak bersambung mulus, goresan pensil tersebut terbentuk atas partikel-pertikel hitam sendiri-sendiri. Berukuran satu per beberapa ribu millimeter, yang melekat ke serat-serat kertas dan seperti merangkul serat-serat tersebut dengan sangat kuat. Tugas dari penghapus karet tersebut adalah melepas partikel-pertikel kecil itu. Hal tersebut mampu dilakuakn oleh karet penghapus karena karet penghapus cukup luwes untuk menjangkau tempat-tempat diantara serat-serat kertas dan karet penghapus cukup lengket untuk mencengkram partikel-partikel hitam kemudian menarik mereka keluar dari serat-serat kertas.

Namun, ketika karet penghapus digosokkan pada kertas, serat-serat kertas justru mengampelas karet penghapus sampai menjadi serpihan-serpihan, serpihan-serpihan tersebut selanjutnya menggulung partikel-partikel hitam yang terkumpul menjadi remah-remah kotor yang kemudian kita sekat dengan tangan atau kita tiun agar minggat dari kertas kita. Dibawah mikroskop, remah-remah tersebut seperti ketan yang jatuh pada debu yang berwarna hitam.


blogmubarok.blogspot.com



No comments:

Post a Comment