1.
Engage
Sebelum memberi materi baru, seorang guru berusaha untuk
mengaitkan dengan materi yang sudah disampaikan sebelumnya. Sehingga materi
yang disampaikan akan terus berhubungan satu dengan yang lainnya. Seperti
ketika akan membahas tentang tegangan permukaan, seorang guru akan membuat
hubungan atau korelasi dengan materi fluida statis, yang sebelumnya telah
disampaikan. Guru akan membawa silet cukur, wadah yang berisi air, lalu guru
meletakkan silet cukur tersebut diatas permukaan air secara hati-hati, sehingga
silet cukur tersebut terapung diatas air. Maka akan timbul rasa ingin tahu
seperti “ apa yang akan kita pelajari hari ini ? “ peserta didik bisa tertarik
terhadap apa yang telah dilakukan guru tersebut.
2.
Explore
Dalam proses ini peserta didik diminta untuk menggali informasi
tentang tegangan permukaan. Guru menfasilitasi peserta didik dengan beberapa
bahan seperti berikut yaitu air, silet cukur, lempeng alumunium tipis,
gelembung sabun. Lalu guru juga akan menjelaskan bahwa alat yang telah
disediakan bisa diletakkan dipermukaan air secara hati-hati. Dari literatur dan
kegiatan tersebut peserta didik akan menggali informasi tentang materi tegangan
permukaan. Setelah menemukan hasilnya, peserta didik mencoba mencari tambahan
informasi dari berbagai sumber literatur yang ada di sekitar.
3.
Explain
Dari kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik, lalu guru
meminta salah satu dari peserta didik untuk menjelaskan atau mempresentasikan
tentang apa yang telah dilakukan dan yang didapat dari kegiatan tersebut. Dimana
informasi yang didapat tiap-tiap peserta didik kadang bisa berbeda-beda.
Setelah itu guru menjelaskan definisi dan konsep secara benar dan jelas tantang
tegangan permukaan dan kegiatan yang telah dilakukan dikelas.
4. Elaborate
Pada proses ini, setelah mendapatkan banyak informasi dari
peserta didik yang mempresentasikan kegiatannya dan penjelasan dari guru secara
jelas dan benar, maka peserta didik yang lain akan melakukan hal yang sama
seperti apa yang telah dipresentasikan oleh teman mereka. Dengan hal ini maka
konsep dan definisi dari tegangan permukaan bisa diterima oleh peserta didik
dengan baik dan benar.
5.
Evaluate
Dari penjelasan atau presentasi peserta didik dan penjelasan
guru yang baik dan jelas, maka peserta didik akan menyimak dengan seksama. Hal
tersebut bisa ditunjukkan dengan kegiatan mencatat atau merangkum dibuku
catatan masing-masing. Sehingga pada akhirnya, guru akan mengevaluasi pemahaman
peserta didik mengenai tegangan permukaan dengan menggunakan pos-test atau
ujian.
Silahkan
kunjungi blog kami blogmubarok.blogspot.com
untuk
mencari beberapa artikel yang menarik, dan bagaimana fisika dan islam menjawab
beberapa pertanyaan yang unik dan mengesankan...
No comments:
Post a Comment