Friday, February 21, 2020

Resume Buku “Mengenal Sang Surya Di Bumi Formosa”


Buku ini merupakan kumpulan cerita dari para penggerak dan aktivis Muhammadiyah yang ada di Taiwan. Editor buku ini adalah saudara Andi Azhar, yang mengatas namakan buku ini dikarang oleh tim penulis PCIM Taiwan (Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah). Terbit pada bulan Juli 2017 yang dikeluarkan oleh penerbit Suara Muhammadiyah Yogyakarta dengan jumlah halaman 150 + xiv.

Dalam buku Sang surya di Bumi Formosa terdapat 5 bagian, bagian pertama berisi selayang pandang tentang awal munculnya dan kiprah PCIM di tanah Taiwan. Bagian kedua s/d kelima berisi cerita dari para warga PCIM yang mayoritas mereka adalah para BMI (Buruh Migran Indonesia). Terdapat 26 cerita anggota yang dapat dirangkum dalam buku ini, mulai dari awal mereka mengenal, bergabung melalui facebook sampai ikut berjuang dalam perjalan pergerakan dakwan PCIM di Taiwan.
Cikal bakal PCIM sudah ada sejak 2007 oleh saudara Agus Muntohar (Mahasiswa NTUST-Taipei), Yordan Gunawan dan Mungki Rahadian (Mahasiswa NCKU-Tainan). Akan tetapi ide ini terealisasi pada September 2013 dengan adanya koordinasi perdana melalui online via skype, yang dihadiri oleh Ahmad Hanif Firdaus, Andi Azhar dan Rosyidah dengan keputusan yang diambil yaitu untuk mengadakan online dwi mingguan via skype. Seiring perjalanan waktu, anggota semakin bertambah dan kajianpun terus berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Tepat pada hari sabtu, 1 Rabiul Akhir 1435 H/ 1 Februari 2014 M, deklarasi PCIM Taiwan diselenggarakan di rumah bapak Asiandi (Mahasiswa NCKU Tainan, Dosen UM Purwokerto) yang dihadiri oleh 13 kader Muhammadiyah, dengan ketua dan sekretaris terpilih adalah saudara Adam Jerussalem dan Rosyidah (2014-2016). Melalui sidang pleno, diputuskan bahwa sejak 25 Robiul Akhir 1435 H/ 25 Februari 2014 M menetapkan dan mengesahkan berdirinya Cabang Istimewa Muhammadiyah Taiwan melalui SK PP Muhammadiyah No. 39/KEP/1.0/B/2014.
PCIM Taiwan memiliki 6 program andalan dalam aktivitas dakwahnya, 1) Kajian Online Muhammadiyah Taiwan (KOMAT), live streaming setiap dua pekan melalui radioMu yang merupakan kajian lintas negara, dengan nasa sumber yang sangat mumpuni dibidangnya. 2) Pesantren Virtual Surya Formosa, kajian ini didesain khusus warga PCIM Taiwan, yang diselenggarakan seminggu sekali melalui skype. 3) Iqra’ ke (Kelas Iqra’) Surya Formosa, program ini juga dilaksanakan secara online melalui skype, dengan monitoring tiap harinya untuk belajar dan membaca Al-Qur’an. 4) Surya Formosa Mengaji dan Menghafal, program ini dilakukan untuk memicu para warga PCIM selalu terdorong dan istiqomah dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an. 5) Dakwan On The Street (DOTS) Surya Formosa, program ini yang sangat menguji nyali para warga PCIM Taiwan dalam berdakwah dan mengajak kebaikan. Selama tahun 2014-2015 tercatat sudah melalukan aksi DOTS sebanyak 6 kali, salah satu kegiatannya adalah membagi jilbab kepada kaum muslim dan non-muslim Taiwan atau TKI serta juga memakaikannya bagi yang bersedia untuk dipakaikan di tempat yang terangkum dalam acara Milad 1 tahun PCIM Taiwan dan World Hijab Day “Tebar 1001 Jilbab”, dilaksanakan di Taipei, Tainan dan Taichung secara serentak pada tanggal 1 dan 8 Februari 2015. 6) Sedekah Bersama LazizMu Surya Formosa, dengan semangat yang menggelora dalam kurun waktu 2 tahun PCIM Taiwan dapat mengumpulkan dana sebesar Rp. 241.278.124,00. Dana ini kemudian dibagi menjadi 3 ranah, yaitu sedekah kemanusiaan sekitar 86,6 juta rupiah, sedekah masjid mencapai 129.6 juta dan sedekah dakwah islam berkemajuan sebesar 25 juta.
Aksi dakwah PCIM Taiwan patut ditiru, semangat dan pengorbanan para warga PCIM sangat menyentuh. Mulai dari keramahan para pengurus PCIM dalam mengajak anggota baru, merangkul dan mengayomi segenap warga PCIM, dan kepercayaan diri mereka untuk turun ke jalan dalam berdakwah dan menyebarkan Agama Islam.
Semoga keikhlasan dan kerja keras mereka mendapatkan balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT.


Silahkan kunjungi blog kami blogmubarok.blogspot.com untuk mencari beberapa artikel yang menarik, dan bagaimana fisika dan islam menjawab beberapa pertanyaan yang unik dan mengesankan...

No comments:

Post a Comment