Wednesday, June 22, 2016

Mengapa Hantu Tidak Bisa Menyentuh Tanah?


Fisika adalah ilmu yang membahas tentang fenomena-fenomena yang terjadi di alam semesta, mulai dari hal yang kecil seperti atom dan bagian-bagiannya yang memiliki ukuran sangat kecil, sampai ukuran yang sangat besar yaitu planet-planet beserta bintang-bintang yang ada di alam semesta. Banyak hukum, prinsip, dan teori fisika yang bisa mengungkap kejadian-kejadian yang ada di sekitar kita. Seperti halnya ketika kita berjalan di lantai yang licin,

HUKUM kopi luwak


Pembahas tentang kopi  luwak cukup menbuat menarik perhatian banyak kalangan mulai dari kalangan orang-orang yang pintar tentang agama, khususnya agama islam, sampai para pedangan kaki lima dan tak terkecuali para penikmat kopi lowak khususnya.

Saturday, April 23, 2016

Kelap-Kelip Bintang di Langit



Turbulensi udara yang biasa kita kenal dengan angin, tidak menimbukan pengaruh apa pun terhadap gelombang cahaya. Karena cahaya bergerak dengan kecepatan lebih dari satu miliar kilometer per jam, dan ia tidak peduli dengan udara yang mengamuk dalam wujud badai yang berkecepatan 160 kolimetar per jam. Yang mendistorsi gelombang cahaya adalah perbedaan temperatur udara, bukan perbedaan kecepatan.

Thursday, April 7, 2016

Jika Bumi Berputar dengan Kecepatan 1600 Kilometer Per Jam, Mengapa Kita Tidak Merasakan Gerakannya ??




Otak kita tahu bahwa bumi selalu berputar, akan tetapi tubuh kita tidak pernah merasakan gerakan yang disebabkan oleh putaran bumi tersebut. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan oleh perputaran bumi yang sangat mulus, seragam dan berkesinambungan. Sehingga kita merasa aman-aman saja berada dibumi yang sedang berputar dengan kecepatan 1600 kilometer per jam. Sebagaimana yang dikatakan oleh isaac newton

Sunday, September 13, 2015

Ledakan tanpa bahan peledak


ketika seorang penjinak singa sedang melecutkan cambuknya, cambuk tersebut mengeluarkan ledakan yang sangat keras. Akan tetapi dia tidak memukul sang singa dan juga cambuk tidak sampai menyentuh tanah. Apa yang membuat cambuk itu berbunyi?
Ledakan cambut tersebut sesungguhnya merupakan dentuman sonik mini, yang terjadi karena ujung cambuk membelah udara lebih cepat dari pada kecepatan bunyi.

Thursday, September 10, 2015

pengertian pengukuran dan penilaian, fungsi dan tujuan penilaian




MAKALAH ASSESSMENT





Disusun oleh :
Husni Mubarok (14030184011)
Pfc 2014


JURUSAN FISIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU
PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
BAB I
PENDAHULUAN

A.        LATAR BELAKANG

Didalam dunia pendidikan, asesmen atau penilaian tidak dapat dipisahkan  dari peran seorang pengajar yang akan memberikan pengetahuan kepada peserta didiknya, dalam hal ini guru atau dosen lah yang menggunakan asesmen untuk  membantu mengetahui seberapa besar perubahan yang terjadi pada muridnya dalam proses belajar mengajar didalam kelas maupun diluar kelas.

Sunday, September 6, 2015

Jika nyala api mengarah ke atas, mengapa gedung bertingkat terbakar ke bawah?

Ketika kita menyalakan sebatang korek, lalu mengubah posisinya ke berbagai arah, maka nyala api tersebut akan terus mengarah ke atas, tidak peduli dimana letak bahan bakarnya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Monday, August 31, 2015

Mengapa daun yang basah tampak lebih berwarna dan lebih segar??


Hal ini berkaitan dengan pembiasan cahaya yang mengakibatkan penyerapan cahaya lebih benyak pada benda yang basah, Seperti halnya kain basah yang tampak lebih gelap.
Dedaunan, bebatuan dan rerumputan akan tampak lebih berwarna ketika sedang basah, sehingga pemandangan alam akan tampak lebih segar sehabis hujan. Benda-benda yang mempunyai warna akan menyerap panjang gelombang tertentu dari cahaya siang yang multiwarna. Kemudian memantulkan sisanya ke mata kita.

Friday, June 19, 2015

Penerapan 5 E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate)



LEARNING THEORY
1.         Engage
Sebelum memberi materi baru, seorang guru berusaha untuk mengaitkan dengan materi yang sudah disampaikan sebelumnya. Sehingga materi yang disampaikan akan terus berhubungan satu dengan yang lainnya. Seperti ketika akan membahas tentang tegangan permukaan, seorang guru akan membuat hubungan atau korelasi dengan materi fluida statis, yang sebelumnya telah disampaikan. Guru akan membawa silet cukur, wadah yang berisi air, lalu guru meletakkan silet cukur tersebut diatas permukaan air secara hati-hati, sehingga silet cukur tersebut terapung diatas air. Maka akan timbul rasa ingin tahu seperti “ apa yang akan kita pelajari hari ini ? “ peserta didik bisa tertarik terhadap apa yang telah dilakukan guru tersebut.

E.m.f. generated in a rotating coil


           Consider a coil of N turns and area A being rotated at a constant angular velocity θ in a magnetic field of flux density B, its axis being perpendicular to the field (Figure 1). When the normal to the coil is at an angle θ to the field the flux through the coil is BAN cosθ = BAN cos(ω)t, since θ = ωt.