Lembar
Kerja Siswa
EKSPERIMEN
Oleh
: Husni Mubarok
A.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa memahami langkah-langkah dalam
melaksanakan eksperimen.
B.
Tujuan
Pembelajaran Khusus
1. Siswa dapat mengidentifikasi variable dari suatu
rumusan masalah.
2. Siswa dapat mengidentifikasi variable dari suatu
rumusan masalah.
4.
Siswa dapat membedakan antara rumusan hipotesis dan bukan rumusan masalah.
5. Siswa dapat
membedakan rumusan hipotesis secara
induktif dan deduktif.
6. Siswa dapat
menulis kajian pustaka.
7. Siswa dapat
merumuskan definisi opersional variable.
8. Siswa dapat
merencanakan eksperimen untuk menguji
suatu hipotesis.
9. Siswa dapat melaksanakan eksperimen sesuai dengan
rencana yang telah dibuat.
Kegiatan 1 (Tujuan 1) :
Siswa dapat
mengidentifikasi variable dari suatu masalah.
Rangkuman Materi
Variable adalah sesuatu yang menjadi pusat atau fokus perhatian,
yang memberikan pengaruh dan memiliki nilai sehingga dapat berubah.Variabel
dapat disebut juga peubah, dalam mengidentifikasi atau menuliskan variable
harus disebutkan atau dituliskan bagaimana tiap variable diukur.Sebagai misal,
“semakin besar massa benda, maka semakin
besar volume benda tersebut. “
Bacalah teks berikut ini agar konsep variabel
menjadi lebih jelas
Semakin
besar massa benda maka semakin besar pula volume benda tersebut.
Pada
pernyataan diatas mengandung 2 variabel yaitu:
1. Besar massa
benda
2. Besar volume
benda
Tugas
Semakin
besar massa benda maka semakin besar pula volume benda tersebut.
Pada
pernyataan diatas dikemukakan 2
variabel, yaitu:
1. Besar massa
benda
2. Besar volume
benda
Kegaitan 2 (Tujuan 2) :
Siswa dapat mengidentifikasi
variable manipulasi dan variable respondari suatu masalah.
Rangkuman Materi
Variable yang sengaja diubah disebut variable manipulasi.Variabel
yang berubah sebagai akibat pemanipulasian variabel manipulasi disebut variabel
respon.
tugas
andaikan
anda telah melakukan eksperimen yang menghasilkan kesimpulan bahwa:
semakin besar massa benda yang
dicelupkan kedalam wadah yang berisi air maka semakin besar volume benda
tersebut (selisih volume air akhir dengan volume air mula-mula)
variabel-variabel
yang diteliti dalam eksperimen itu adalah:
1. Besar massa
benda
2. Besar volume
benda (selisih volume air akhir dengan volume air mula-mula)
Apabila suatu variabel secara sengaja diubah, maka disebut
variabel manipulasi, pada eksperimen yang diandalkan itu, mestinya secara
sengaja telah merubah massa benda (misalnya: bermassa 35 gram dan bermassa 40
gram), maka diantara dua variabel diatas itu, variabel manipulasinya adalah besar
massa benda.
Variabel
yang lain adalah volume benda (selisih volume air akhir dengan
volume air mula-mula) disebut variabel
respon.
Kegiatan 3 (Tujuan 3) :
Siswa dapat mengidentifikasi variabel kontrol dari suatu rumusan
masalah.
Rangkuman Materi
Di samping variabel manipulasi, terdapat banyak factor yang dapat
mempengaruhi hasil dari suatu eksperimen.Variabel yang dinetralisasi yang
diidentifikasi sebagai variabel kontrol atau kendali, atau variabel kontrol
adalah variabel yang diusahakan untuk dinetralisai oleh peneliti atau dibuat
tetap dan dijaga agar tidak mempengaruhi hasil eksperimen.
Tugas
Bacalah
denagn seksama eksperimen berikut ini:
Sebuah eksperimen dilakukan untuk mengetahui besar volume benda
(selisih volume air akhir dengan volume air mula-mula) danga menggunakan gelas
ukur. Eksperimen ini dilakukan dengan prosedur berikut ini:
Mula-mula mempersiapkan bahan yang digunakan dalam eksperimen,
yaitu potongan besi, gelas ukur dan neraca. Mengkalibrasi neraca, lalu mengukur
massa besi pada neraca. Memasukan air kedalam gelas ukur dan dicatat volume
awal.Setelah itu memasukkan besi pada gelas ukur yang berisi air. Dan mengukur
berapa volume air ketika besi sudah tercelup semua,serta menghitung selisih volume akhir dengan volume
awal. Pengukuran volume ini diulang pada massa besi yang berbeda, dengan jenis
yang sama.
Variabel
yang dikontrol pada eksperimen diatas adalah jenis besi.
Kegiatan 4 (Tujuan 2) :
Siswa dapat membedakan antara rumusan hipotesis dan bukan rumusan
masalah.
Rangkuman Materi
Hipotesis adalah dugaan tentang pengaruh apa yang diberikan
variabel manipulasi dan variabel respons. Hipotesis dirumuskan sebagai pernyataan bukan pertanyaan.
Tugas
Diantara
pernyataan berikut manakah yang merupakan hipotesis?
1. Standart
internasional untuk satuan massa adalah gram
2. semakin
besar massa benda yang dicelupkan kedalam wadah yang berisi air maka semakin
besar volume benda tersebut (selisih volume air akhir dengan volume air
mula-mula)
pernyataan dua pengaruh variabel manipulasi terhadap variabel
respon, oleh karena itu pernyataan dua merupakan hipotesis. Pernyataan satu merupakan
fakta dan bukan hipotesis.
Kegiatan 5 (Tujuan 5) :
Siswa dapat membedakan rumusan hipotesis secara induktif dan
deduktif.
Rangkuman Materi
Hipoteis dapat dirumuskan dengan penalaran induktif berdasarkan
data hasil pengamatan dan dengan penalaran deduktif berdasarkan teori.Penalaran
indutif adalah penalaran yang mengambil contoh-contoh khusus yang khas untuk
kemudian diambil kesimpulan yang lebih umum, penalaran deduktif adalah menarik
kesimpulan khusus dari premis yang lebih umum.
Tugas A (penalaran induktif)
Setelah melakukan eksperimen sepertiprosedur pada kegiatan 3.
Hasilnya dicatat pada tabel sebagai berikut :
TABEL
Hasil
Observasi Penunjuk Volume Pada Gelas Ukur
Benda
|
Alat ukur
yang digunakan
|
Massa
benda (m±0,1) gram
|
Volume
benda (V±0,1) cm3
|
35,0
|
5,0
|
||
besi
|
Neraca dan gelas ukur
|
45,0
|
6,4
|
55,0
|
7,8
|
||
65,0
|
9,3
|
Berdasarkan tabel diatas secara induktif merumuskan hipotesis
tentang pengaruh massa benda terhadap volume benda tersebut.
Apabila massa benda yang dicelupkan semakin besar maka besar
volume benda juga semakin besar (selisih
volume air akhir dengan volume air mula-mula).
Tugas B (penalaran deduktif)
Salah satu teori fisika menyatakan bahwa jika massa benda semakin
besar maka volume benda tersebut juga semakin besar (selisih volume air akhir
dengan volume air mula-mula). Besar volume yang diukur juga bergantung pada
jenis benda, namun jika jenis benda tidak diubah maka yang mempengaruhi besar
volume benda adalah massa benda.
Contoh:
Apabila meletakkan 2 besi dengan massa yang berbeda maka volume
pada gelas ukur akan menunjukkan skala yang berbeda pula.
Hipotesis: semakin
besar massa benda maka semakin besar volume benda tersebut (selisih volume air
akhir dengan volume air mula-mula).
Kegiatan 6 (Tujuan 6) :
Siswa dapat menulis kajian pustaka.
Rangkuman Materi
Hipotesis adalah jawaban sementara atas rumusan masalah yang
diperoleh dari penalaran induktif dan penalaran deduktif.peneliti harus
menujukkan teori mana yang dianut berdasarkan teori itu secara deduktif
menyatakan hipotesisnya. Dalam hal hipotesis itu dirumuskan secara induktif
maka penelitian harus dapat menunjukkan data yang dimiliki dan berdasarkan data
itu secara induktif merumuskan hipoteisnya.
Kajian pustaka pada umumnya berisi teori-teori yang relevan dengan
maslah penelitian. Pada bagian kajian pustaka ini peneliti berupaya untuk
secara teoritik menjawab masalah yang dikemukakan pada bab pendahuluan. Jawaban
teoritik itulah yang tersimpul pada hipotesis.Hipotesis itu menjadi jawaban
akhir setelah hipotesis itu teruji data empirik yang diperoleh dari penelitian
tersebut.
Contoh:
Rumusan masalah:
Bagaimana pengaruh massa benda terhadap volume benda, (selisih
volume air akhir dengan volume air mula-mula).
Kajian pustaka:
Neraca adalah alat untuk mengukur massa suatu benda, sedangkan
gelas ukur digunakan untuk mengukur suatu volume benda. Berdasarkan pada teori,
semakin besar massa benda maka semakin besar volume benda tersebut (selisih
volume air akhir dengan volume air mula-mula)
Hipotesis:
semakin besar massa benda maka semakin besar volume benda tersebut
(selisih volume air akhir dengan volume air mula-mula).
Kegiatan 7 (Tujuan 7) :
Siswa dapat merumuskan definisi operasional variabel.
Rangkuman Materi
Definisi operasional variabel adalah menetapkan begaimana peneliti akan mengukur variabel itu. Setiap
peneliti mempunyai definisi operasional yang berbeda untuk variabel yang sama. Misalnya
seorang peneliti sedang melakukan pengujian terhadap pengaruh permukaan bawah
sepatu dibuat kasar terhadap keselamatan pemakai. Keselamatan pemakai dapat
didefinisikan menurut banyak cara yaitu:
1. tidak
terpeleset.
2. tidak
tergelincir saat jalan licin.
tiap pernyataan diatas merupakan definisi
pada operasional untuk variabel yang sama.
Tugas
Berikut ini
merupakan deskripsi singkat dari
penyelidikan.
Penyelidikan:suatu
penelitian dilakukan untuk mengetaui pengaruh massa benda terhadap skala volume
air pada gelas ukur ketika benda/besi sudah tercelup semuanya. Menyiapkan besi
yang bermassa 35 gram, dan mengukur volume air mula-mula, lalu memasukkan besi
kedalam gelas ukur yang berisi air, kemudian mengukur selisih volume akhir air
ketika besi sudah dicelupkan semua dengan volume awal air. Mengganti besar
massa besi dan mengulangi prosedur seperti diatas (apa yang diamati)
Devinisi
setiap variabel secara operasional
Devinisi operasional variabel manipulasi
Besar massa besi merupakan variabel
manipulasi. Variabel ini diukur dengan jenis besi yang sama(apa yang diamati)
Operasi operasionla variabel respon
Penunjuk skala pada gelas ukur yang menunjukkan volume besi didalam
air merupakan variabel respon.Variabel ini diukur dengan memasukkan besi
kedalam gelas ukur maka terjadi perubahan volume air karena pertambahan volume
besi tersebut.volume besi dapat dihitung dengan selisih volume akhir dengan
volume awal.
Kegiatan 8 (Tujuan 8 dan 9) :
Siswa dapat merencanakan eksperimen untuk menguji suatu hipoteis.
Siswa dapat melaksanakan eksperimen sesuai dengan rencana yang
telah dibuat.
Rangkuman Materi
Eksperimen dapat
didefinisikan sebagai usaha yang direncanakan untuk menghasilkan data untuk
menguji suatu hipotesis. Merupakan penelitian yang sistematis, logis, dan
teliti didalam melakukan control terhadap kondisi. Dalam pengertian lain
penelitian eksperimen adalah penelitian dengan melakukan percobaan terhadap
kelompok eksperimen, kepada tiap kelompok eksperimen dikenakan
perlakuan-perlakuan tertentu dengan kondisi-kindisi yang dapat dikontrol.
Berikut ini
merupakan contoh rancangan eksperimen.
Hipotesis:
semakin besar massa benda maka semakin besar volume benda tersebut
(selisih volume air akhir dengan volume air mula-mula)
Rancanagn eksperimen:
1. mengkalibrasi
neraca.
2. mengukur
massa besi, kemudian memasukkan besi kedalam gelas ukur yang berisi air (tindakan yang dilakukan). (devinisi operasional variabel manipulasi).
3.
mengukur volume awal air pada gelas ukur dan
juga mengukur volume air ketika dimasukkan besi kedalam gelas ukur (apa yang diamati).(divinisi operasional variabel respon).
4.
ulangi langkah diatas dengan menggunakan
jenis besi yang sama (variabel yang
dikontral) dan massa yang berbeda (variabel
manipulasi).
Tugas A
Berikut ini adalah rumusan hipotesis yang diperlukan rancangan
eksperimen untuk menguji hipotesis.
Hipotesis:
semakin besar massa benda maka semakin besar volume benda tersebut
(selisih volume air akhir dengan volume air mula-mula)
1. definisi
operasional variabel manipulasi yaitu besar massa benda (besi) yang
diubah-ubah.
2. Definisi
operasional variabel respon yaitu penunjuk skala pada gelas ukur, yang
menunjukka besar volume benda (besi) setelah volume akhir dikurangi volume
awal.
3. Definisi
operasional variabel kontrol yaitu jenis besi yang digunakan pada setiap eksperimen sama.
Tugas B
Laksanakan eksperimen sesuai dengan rancangan eksperimen pada
tugas B
Alat-alat yang digunakan:
1) Neraca 1 buah
2) Gelas ukur 1 buah
3) Besi 1 buah
Prosedur:
1)
Siapkan besi yang sudah diukur dengan massa
35 gram
2)
Masukkan besi kedalam gelas ukur yang sudah
berisi air.
3)
Catat skala awal yang ditunjukkan oleh gelas
ukur dan skala akhir ketika besi dimasukkan ke dalam gelas ukur.
4)
Berdasarkan eksperimen diatas bagaimana cara
menghitung besar volume besi?
Ø Cara untuk menghitung besar volume besi yaitu
selisih antara volume akhir air dan besi dengan volume mula-mula air digelas
ukur.
5)
Berdasarkan eksperimen tersebut bagaimana
pengaruh massa benda yang berbeda?
Ø Massa benda yang berbeda menunjukkan adanya
perbedaan besar volume.
6)
Berdasarkan eksperimen tersebut, bagaimana
dengan penunjuk skala yang ditujukan oleh gelas ukur apabila massa berbada?
Ø Skala yang ditunjukkan oleh gelas ukur pada
saat besi dimasukkan merupakan besar volume suatu benda/besi, jika massa yang
dimasukkan kedalam gelas ukur semakin besar maka skala yang ditunjuk akan
semakin tinggi.
7)
Bagaimana menurut anda dengan suatu hasil
yang berbeda?
Ø Massa
benda sangat mempengaruhi volume benda tersebut, semakin besar massa benda maka
semakin besar pula volume benda tersebut, dan sebaliknya. Disamping itu yang
menjadi faktor lain yang mempengaruhi volume benda adalah jenis benda atau
massa jenis dari suatu benda. Serta struktur dari benda tersebut.
8)
Apa yang dapat anda simpulkan dari eksperiman
yang telah anda lakukan, sesuaikah dengan hipotesis?
Ø Hal yang dapat saya simpulkan adalah semakin
besar massa benda maka semakin besar pula volume benda tersebut. jadi
eksperimen ini sesuai dangan hipotesis.
Ø
9)
Bagaimana hubungan antara massa benda dengan
volumenya?
Ø hubungan antara massa suatu dangan volume
benda tersebut adalah berbanding lurus, jika massa bertambah maka volumenya
juga bertambah dan sebaliknya.
Daftar
Pustaka :
Jamal, Abdul. 2005. Pintar
Fisika. Jawa Timur: Gitamedia Press
Nur, Muhammad. 1999. Buku
Panduan Keterampilan Proses. Surabaya: Unesa.
Nur, Muhammad. 1999. Hakikat
Sains. Surabaya: Unesa
Silahkan kunjungi blog
kami blogmubarok.blogspot.com
untuk mencari beberapa artikel yang menarik, dan bagaimana fisika dan islam
menjawab beberapa pertanyaan yang unik dan mengesankan...
No comments:
Post a Comment