Wednesday, February 18, 2015

Makalah Wirausahawa sukses Indonesia BOB SADINO



MAKALAH WIRAUSAHAWAN SUKSES
BOB SADINO







Disusun oleh:
Husni Mubarok (14030184011)
Kelas PFC 2014


JURUSAN FISIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2015





DAFTAR ISI


Daftar Isi……………………………………………………………………………………………………………. i 
 
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang……………………………………………………………………………………………….   1                     
1.2 Rumusan Masalah …………………………………………………………………………………………   1
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Biografi Bob Sadino …………………………………………………………………………………..…..   2
2.2 Awal Mula Usaha Bob Sadino …………………………………………………………………………   3
2.3  Pengusaha Berdinas Celana Pendek……………………………………………………………….   5
2.4  Bob Sadino dan Kewirausahaan……………………………………………………………………..  7
BAB III PENUTUP
Kesimpulan ………………………………………………………………………………………………………..... 9
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………………………………………….. 10







BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
Bob Sadino (Lampung, 9 Maret 1933), atau akrab dipanggil om Bob adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Beliau adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Dalam banyak kesempatan, beliau basering terlihat menggunakan kemeja lengan pendek dan celana pendek yang menjadi ciri khasnya.
Dalam menjalani kehidupannya beliau banyak sekali mengalami kegagalan, ketika mobil yang beliau sewakan mengalami kecelakaan yang sangat parah, beliau kehilangan mata pencahariannya, tetapi beliau tidap patah semagat. Om Bob kemudian meminta untuk dikirimi ayam negeri dari temannya, dari situlah awal mula kesuksesan beliau.
Kebanyak orang yang tidak mengenal telur yang dijaul oleh om Bob, kerena memiliki ukurang yang besar, sehingga banyak orang menolak untuk membeli telur tersebut, akan tetapi om Bob tidak kehabisan akal, dengan pengetahuan beliau berbahasa asing dan telur tersebut berasal dari ayam luar negeri, beliau menjual telur tersebut ke orang-orang asing, semakin hari beliau memiliki banyak pelanggan walupun juga banyak mendapatkan kritikan dari orang lain, tapi om Bob sadar bahwa dengan kritikan tersebut beliau bisa belajar untuk lebih baik dan melayani pelanggan dengan sebaik mungkin.


1.2   Rumusan Masalah
  1. Bagaimana cara BOB SADINO menjadi pengusaha sukses di Indonesia?




BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Biografi Bob Sadino
Bob Sadino lahir di Lampung, 9 Maret 1933, atau akrab dipanggil om Bob, adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Beliau adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Dalam banyak kesempatan, beliau sering terlihat menggunakan kemeja lengan pendek dan celana pendek yang menjadi ciri khasnya. Om Bob Sadino lahir dari sebuah keluarga yang hidup berkecukupan. Beliau adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Sewaktu orang tuanya meninggal, om Bob yang ketika itu berumur 19 tahun mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya karena saudara kandungnya yang lain sudah dianggap hidup mapan. Om Bob kemudian menghabiskan sebagian hartanya untuk berkeliling dunia. Dalam perjalanannya itu, beliau singgah di Belanda dan menetap selama kurang lebih 9 tahun. Di sana, beliau bekerja di Djakarta Lylod di kota Amsterdam dan juga di Hamburg, Jerman. Ketika tinggal di Belanda itu, om Bob bertemu dengan pasangan hidupnya, Soelami Soejoed.
Pada tahun 1967, om Bob dan keluarga kembali ke Indonesia. beliau membawa serta 2 Mercedes miliknya, buatan tahun 1960-an. Salah satunya beliau jual untuk membeli sebidang tanah di Kemang, Jakarta Selatan sementara yang lain tetap beliau simpan. Setelah beberapa lama tinggal dan hidup di Indonesia, om Bob memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya karena beliau memiliki tekad untuk bekerja secara mandiri. Pekerjaan pertama yang dilakoninya setelah keluar dari perusahaan adalah menyewakan mobil Mercedes yang beliau miliki, beliau sendiri yang menjadi sopirnya. Namun sayang, suatu ketika beliau mendapatkan kecelakaan yang mengakibatkan mobilnya rusak parah. Karena tak punya uang untuk memperbaikinya, om Bob beralih pekerjaan menjadi tukang batu. Gajinya ketika itu hanya Rp.100. beliau pun sempat mengalami depresi akibat tekanan hidup yang dialaminya.
            Suatu hari, seorang teman menyarankan om Bob memelihara dan berbisnis telur ayam negeri untuk melawan depresinya. Om Bob tertarik dan mulai mengembangkan usaha peternakan ayam. Ketika itu, di Indonesia, ayam kampung masih mendominasi pasar. Om Bob-lah yang pertama kali memperkenalkan ayam negeri beserta telurnya ke Indonesia. Om Bob menjual telur-telurnya dari pintu ke pintu. Ketika itu, telur ayam negeri belum populer di Indonesia sehingga barang dagangannya tersebut hanya dibeli oleh ekspatriat-ekspatriat yang tinggal di daerah Kemang, serta beberapa orang Indonesia yang pernah bekerja di luar negeri. Namun seiring berjalannya waktu, telur ayam negeri mulai dikenal sehingga bisnis om Bob semakin berkembang. Om Bob kemudian melanjutkan usahanya dengan berjualan daging ayam. Selain memperkenalkan telur ayam negeri, beliau juga merupakan orang pertama yang menggunakan perladangan sayur sistem hidroponik di Indonesia.

2.2   Awal Mula Usaha Bob Sadino
Modal yang beliau bawa dari Eropa, dua sedan Mercedes buatan tahun 1960-an. Satu beliau jual untuk membeli sebidang tanah di Kemang, Jakarta Selatan. Ketika itu, kawasan Kemang sepi, masih terhampar sawah dan kebun. Sedangkan mobil satunya lagi ditaksikan, om Bob sendiri sopirnya.
            Suatu kali, mobil itu disewakan. Ternyata, bukan uang yang kembali, tetapi berita kecelakaan yang menghancurkan mobilnya. ”Hati saya ikut hancur,” kata om Bob. Kehilangan sumber penghasilan, om Bob lantas bekerja jadi kuli bangunan. Padahal, kalau beliau mau, istrinya, Soelami Soejoed, yang berpengalaman sebagai sekretaris di luar negeri, bisa menyelamatkan keadaan. Tetapi, om Bob bersikeras, ”Sayalah kepala keluarga. Saya yang harus mencari nafkah’’.
Untuk menenangkan pikiran, om Bob meminta untuk dikirimi kepada temannya yaitu Sri Mulyono Herlambang 50 ekor ayam ras dari kenalannya. Om Bob memperhatikan kehidupan ayam-ayam ternaknya. beliau mendapat ilham, ayam saja bisa berjuang untuk hidup, tentu manusia pun juga bisa. Sebagai peternak ayam, om Bob dan istrinya, setiap hari menjual beberapa kilogram telor. Dalam tempo satu setengah tahun, om Bob dan istrinya memiliki banyak langganan, terutama orang asing, karena mereka fasih berbahasa Inggris. Bob dan istrinya tinggal di kawasan Kemang, Jakarta, di mana terdapat banyak menetap orang asing.
Tidak jarang pasangan tersebut dimaki pelanggan, babu orang asing sekalipun. Namun mereka mengaca pada diri sendiri, memperbaiki pelayanan. Perubahan drastis pun terjadi pada diri om  Bob, dari pribadi feodal menjadi pelayan. Setelah itu, lama kelamaan om Bob yang berambut perak, menjadi pemilik tunggal super market (pasar swalayan) Kem Chicks. beliau selalu tampil sederhana dengan kemeja lengan pendek dan celana pendek. Bisnis pasar swalayan om Bob berkembang pesat, merambah ke agribisnis, khususnya holtikutura, mengelola kebun-kebun sayur mayur untuk konsumsi orang asing di Indonesia. Karena itu beliau juga menjalin kerjasama dengan para petani di beberapa daerah. Om Bob percaya bahwa setiap langkah sukses selalu diawali kegagalan demi kegagalan.
Perjalanan wirausaha tidak semulus yang dikira. Beliau  dan istrinya sering jungkir balik. Baginya uang bukan yang nomor satu. Yang penting kemauan, komitmen, berani mencari dan menangkap peluang. Di saat melakukan sesuatu pikiran seseorang berkembang, rencana tidak harus selalu baku dan kaku, yang ada pada diri seseorang adalah pengembangan dari apa yang telah beliau lakukan. Kelemahan banyak orang, terlalu banyak mikir untuk membuat rencana sehingga beliau tidak segera melangkah. “Yang paling penting tindakan,” kata om Bob. Keberhasilan om Bob tidak terlepas dari ketidaktahuannya sehingga beliau langsung terjun ke lapangan. Setelah jatuh bangun, om Bob trampil dan menguasai bidangnya.
Proses keberhasilan om Bob berbeda dengan kelaziman, mestinya dimulai dari ilmu, kemudian praktik, lalu menjadi trampil dan profesional. Menurut om Bob, banyak orang yang memulai dari ilmu, berpikir dan bertindak serba canggih, arogan, karena merasa memiliki ilmu yang melebihi orang lain. Sedangkan om Bob selalu luwes terhadap pelanggan, mau mendengarkan saran dan keluhan pelanggan. Dengan sikap seperti itu om Bob meraih simpati pelanggan dan mampu menciptakan pasar. Menurut om Bob, kepuasan pelanggan akan menciptakan kepuasan diri sendiri. Karena itu beliau selalu berusaha melayani pelanggan sebaik-baiknya. Om Bob menempatkan perusahaannya seperti sebuah keluarga. Semua anggota keluarga Kem Chicks harus saling menghargai, tidak ada yang utama semuanya punya fungsi dan kekuatan.

2.3  Pengusaha Berdinas Celana Pendek
Pria berpakaian ”dinas” celana pendek jin dan kemeja lengan pendek yang ujung lengannya tidak dijahit, ini adalah salah satu sosok entrepreneur sukses yang memulai usahanya benar-benar dari bawah dan bukan berasal dari keluarga wirausaha. Pendiri dan pemilik tunggal Kem Chicks (supermarket), ini mantan sopir taksi dan karyawan Unilever yang kemudian menjadi pengusaha sukses.
Sosok berambut putih, bercelana pendek, dan kadang mengisap rokok dari cangklongnya ini begitu mudah dikenali. Gaya bicaranya blak-blakan tanpa tedeng aling-aling. Beliau adalah Bob Sadino, pengusaha sukses yang terkenal dengan jaringan usaha Kemfood dan Kemchick-nya. Beberapa kali wajahnya ikut tampil di beberapa sinetron hingga ke layar lebar, meski kadang hanya tampil sebagai figuran.
Penampilannya yang serba cuek itu ternyata sejalan dengan pola pikirnya yang apa adanya. Sebab, menurutnya, apa yang diraihnya saat ini adalah berkat pola pikir yang apa adanya itu. beliau menyebut bahwa kesuksesannya didapat tanpa rencana, semua mengalir begitu saja. Yang penting, adalah action dan berusaha total, dalam menggeluti apa saja.
Totalitas m Bob memang patut diacungi jempol, apalagi mengingat lika-liku jalan hidup yang telah ditempuhnya.
Pria kelahiran Lampung, 9 Maret 1933 yang hanya lulusan SMA ini pernah mengenyam profesi dari sopir taksi hingga kuli bangunan untuk sekadar bertahan hidup. Saat masa sulitnya, beliau pernah hampir depresi. Tapi, ketika itu seorang temannya mengajaknya memelihara ayam. Dari sanalah beliau kemudian terinspirasi, bahwa kalau ayam saja bisa memperjuangkan hidup, bisa mencapai target berat badan, dan bertelur, tentunya manusia juga bisa. Itulah yang kemudian mengawali langkahnya untuk berwirausaha. beliau pun kemudian memutuskan untuk makin menekuni usaha ternak ayam.
            Pada awalnya, beliau menjual telur beberapa kilogram per hari bersama istrinya. Mereka menjual telur itu awalnya dari pintu ke pintu. Dan, dengan ketekunan dan kemampuannya menjaga hubungan baik, telurnya makin laris. Dari sanalah kemudian usahanya terus bergulir. Dari hanya menjual telur, beliau lantas menjual aneka bahan makanan. Itulah yang akhirnya menjadi cikal bakal supermarket Kemchick miliknya. beliau kemudian juga merambah agribisnis khususnya holtikutura, mengelola kebun-kebun yang banyak berisi sayur mayur untuk dijual pada orang asing seperti orang Jepang dan Eropa. Hubungan baik dengan orang-orang asing inilah yang kemudian makin membesarkan usahanya hingga beliau akhirnya juga memiliki usaha daging olahan Kemfoods.
Dalam menjalankan setiap usahanya, Bob selalu menyebut dirinya tak punya kunci sukses. Sebab, beliau percaya bahwa setiap langkah sukses selalu diimbangi kegagalan, peras keringat, dan bahkan jungkir balik. Menurutnya, uang adalah prioritas nomor sekian, yang penting adalah kemauan, komitmen tinggi, dan selalu bisa menciptakan kesempatan dan berani mengambil peluang.
Om Bob menyebut, kelemahan banyak orang adalah terlalu banyak berpikir membuat rencana sehingga tidak segera melangkah. beliau mengatakan bahwa ketika orang hanya membuat rencana, karena merasa memiliki ilmu yang melebihi orang lain, muncullah sifat arogan. Padahal, intinya sebenarnya sederhana saja, lakukan dan selalu dengarkan saran dan keluhan pelanggan. Om Bob membuktikan sendiri, beliau yang hanya bermodal nekad, tapi berlandaskan niat dan keyakinan, serta kerja keras pantang menyerah, tanpa teori sukses beliau pun bisa jadi seperti sekarang. Sukses itu bukan teori. Namun didapat dari perjuangan dan kerja keras, serta dilandasi keyakinan kuat untuk mewujudkan cita-cita.
Bob Sadino adalah contoh nyata bahwa setiap orang bisa sukses asal mau membayar ”harga” dengan perjuangan tanpa henti. Sosok berambut putih, bercelana pendek ini begitu mudah dikenali. Gaya bicaranya blak-blakan tanpa tedeng aling-aling. Beliau adalah Bob Sadino, pengusaha sukses yang terkenal dengan jaringan usaha Kemfood dan Kemchick-nya. Beberapa kali wajahnya ikut tampil di beberapa sinetron hingga ke layar lebar, meski kadang hanya tampil sebagai figuran.

2.4  Bob Sadino dan Kewirausahaan
Bob Sadino memberikan beberapa tips untuk mereka yang benar-benar ingin membangun jiwa enterpreneurship (jiwa kewirausahaan). beliau menyarankan agar orang tidak belajar jiwa wirausaha di dalam kelas, atau dari mereka yang tidak pernah menggeluti langsung dunia usaha. Sebab biasanya yang diberikan adalah semua saran yang didasari oleh ketakutan sehingga segalanya dipermudah dengan ide-ide logis padahal usaha adalah sering tidak mengikuti urutan dan sistematika berpikir biasa, faktor-faktor-faktor yang kelihatannya terkontrol padahal sangat sulit menerka gerak dan dinamika pasar, saran-saran yang berlawanan dengan hukum pasar yang cenderung liar, mengabaikan unsur lain yang justru sangat penting yaitu naluri pengusaha, dsb. Untuk membangun jiwa wirausaha, Bob menyuruh kita untuk melihat beberapa hal berikut:
1.     Kita harus membebaskan diri kita dari rasa takut.
Inilah halangan terbesar. Inilah alasan terbesar mengapa pendidikan memakan waktu yang lama, yaitu untuk menghindari kesalahan dan resiko. Tapi justru itulah yang ingin dipangkas oleh Bob karena ia merasa rasa takut adalah penyebab tidak berkembangnya enterpreneurship. Kesulitan dan resiko selalu menyertakan peluang. Jadi, jika kita ingin mengembangkan jiwa enterpreneurship, jangan menghindari resiko.
2.     Kita harus membebaskan diri dari tidakan terlalu berharap.
Belum apa-apa sudah membayangkan hitungan khayal tentang keuntungan, kemudahan, kehebatan dan hasil besar. Jika begini, maka orang mudah kecewa karena ternyata lapangan mengajarkan yang berbeda. Orang harus belajar menghitung mulai dari angka kecil tetapi tekun dan komit. Bayangkan sukarnya dan hadapilah kesukarannya.
3.     Kita harus bebaskan diri kita dari pikiran sendiri.
Biasaya berupa konsep, keyakinan, anggapan dsb. Belajarlah untuk tidak tahu supaya pengertian masuk sebanyak-banyaknya. Lepaskan diri dari konsep-konsep, semua harus dijalani dulu dengan penuh keberanian, nanti ilmu akan datang sendiri. Itulah enterpreneurship kata Bob. Memang benar, jika kita berhadapan dengan orang yang merasa sudah tahu, kita kerepotan. Orang tidak mudah berubah karena sudah punya asumsi dulu dalam pikiran. Jadi, cara termudah mengadopsi teknik baru adalah dengan mengambil posisi belajar, tidak tahu. Atau merendahkan hati untuk menjalankan sesuatu yang baru. Dengan ketiga kunci tersebut, Bob berharap mereka calon enterpreneur akan memakai prinsip-prinsip tadi sebagai modal mengembangkan jiwa kewirausahaan.

Kata-kata Inspiratif Bob Sadino yang berkenan :
  • “Kunci kesuksesan adalah punya impian, berani mengejar impian itu dan YAKIN.”
  • “Kelemahan banyak orang adalah terlalu banyak berpikir membuat rencana sehingga tidak segera melangkah.”
  • “Yang Penting, adalah action dan berusaha total, dalam menggeluti apa saja.”
  • “Setiap langkah sukses selalu diimbangi kegagalan, peras keringat, dan bahkan jungkir balik.”
  • “Uang adalah prioritas nomor sekian, yang penting adalah kemauan, komitmen tinggi, dan selalu bisa menciptakan kesempatan dan berani mengambil peluang.”
BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Bob Sadino adalah sosok yg patut kita teladani. Pemikiran yang sederhana. lugas, dan jujur membuatnya jadi bos yang sangat disegani oleh anak buah dan orang-orang disekitarnya. Beliau percaya bahwa setiap langkah sukses selalu diawali kegagalan demi kegagalan. Perjalanan wirausaha tidak semulus yang dikira. beliau dan istrinya sering jungkir balik. Baginya uang bukan yang nomor satu. Yang penting kemauan, komitmen, berani mencari dan menangkap peluang. Di saat melakukan sesuatu pikiran seseorang berkembang, rencana tidak harus selalu baku dan kaku, yang ada pada diri seseorang adalah pengembangan dari apa yang telah ia lakukan. Kelemahan banyak orang, terlalu banyak mikir untuk membuat rencana sehingga ia tidak segera melangkah. “Yang paling penting tindakan.”
Keberhasilan om Bob tidak terlepas dari ketidaktahuannya sehingga beliau langsung terjun ke lapangan. Setelah jatuh bangun, om Bob trampil dan menguasai bidangnya. Proses keberhasilan om Bob berbeda dengan kelaziman, mestinya dimulai dari ilmu, kemudian praktik, lalu menjadi trampil dan profesional. Menurut om Bob, banyak orang yang memulai dari ilmu, berpikir dan bertindak serba canggih, arogan, karena merasa memiliki ilmu yang melebihi orang lain. Sedangkan om Bob selalu luwes terhadap pelanggan, mau mendengarkan saran dan keluhan pelanggan. Dengan sikap seperti itu beliau meraih simpati pelanggan dan mampu menciptakan pasar.
Menurut om Bob, kepuasan pelanggan akan menciptakan kepuasan diri sendiri. Karena itu beliau selalu berusaha melayani pelanggan sebaik-baiknya. Bob sadino menempatkan perusahaannya seperti sebuah keluarga. Semua anggota keluarga Kem Chicks harus saling menghargai, tidak ada yang utama, semuanya punya fungsi dan kekuatan.


DAFTAR PUSTAKA














1 comment:

  1. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    ReplyDelete